mam
asy-Syafii tumbuh di Gaza dalam keadaan yatim, setelah ayah beliau
meninggal di sana. Sehingga beliau hidup dalam keadaan fakir miskin dan
yatim, serta jauh dari kerabat. Namun semua ini tidak berpengaruh buruk
kepada beliau setelah Allah memberikan taufik kepada kemudahan untuk
menempuh metode yang benar.
Setelah ibu beliau membawa beliau ke
Mekkah atau daerah dekat Mekkah, beliau mulai menghafal al-Qur’an.
Dikatakan bahwa beliau menyelesaikannya pada waktu berumur tujuh tahun.
Beliau mengisahkan dirinya: “Aku dulu
hidup yatim dibawah pengasuhan ibuku. Dan ibuku tidak punya harta yang
diberikan untuk seorang pengajar. Namun pengajar itu ridha dengan aku
menggantikannya jika dia pergi. Setelah aku mengkhatamkan al-Qur’an, aku
masuk masjid dan duduk di majlis-majlis ulama sampai aku menghafal satu
hadits atau satu masalah. Dan rumah kami berada di Syi’b al-Khaif. Dulu
aku mencatat ilmu di tulang, jika sudah banyak aku taruh di satu
keranjang besar.” (Tawali at-Ta’sis 54)
Setelah beliau menghafal al-Qur’an di
Makkah beliau suka dengan syair dan bahasa arab. Beliau bolak-balik ke
suku Hudzail untuk menghafal syair-syair mereka dan bahasa mereka. Yang
nampak beliau menghafal syair mereka pada awal usia beliau. Suku Hudzail
ini termasuk bangsa arab yang paling fasih.
Kemudian beliau setelah itu mempelajari
ilmu fiqih, karena satu sebab. Ada dua versi alasan mulainya Imam
asy-Syafii mempelajari ilmu fiqih:
- Mush’ab bin Abdillah az-Zubairi mengisahkan seorang sekretaris Bapak Mush’ab bin Abdillah az-Zubairi berkata kepada Imam asy-Syafii: “Orang seperti kamu pergi dengan muruahnya dalam bidang ini. Dimana posisimu dalam masalah fiqih.” Hal itu mendorong Imam asy-Syafii. Sehingga beliau pergi menuju Muslim bin Khalid Az-Zinji Mufti Makkah waktu itu dan belajar kepadanya, kemudian mendatangi Imam Malik di Madinah.” (Manaqib karya Al-Baihaqi 1/97)
- Diriwayatkan orang yang mengarahkan beliau untuk mempelajari ilmu fiqih adalah guru beliau Muslim bin Khalid az-Zinji. Imam Baihaqi meriwayatkan Imam asy-Syafii mengisahkan beliau sendiri: “Aku keluar mempelajari ilmu nahwu dan adab. Kemudian aku bertemu dengan Muslim bin Khalid az-Zinji, dia berkata: ‘Wahai anak muda, engkau berasal dari mana?’ Aku menjawab: ‘Dari penduduk Makkah.’ Dia bertanya: ‘Dimana rumahmu di sana?’ Aku menjawab: ‘Di Syi’b al-Khaif.’ Dia bertanya lagi: ‘Dari kabilah apa engkau ini.’ Aku menjawab: ‘Dari keturunan Abdu Manaf.’ Dia berkata: ‘Wah wah, Allah telah memuliakanmu di dunia dan akhirat, tidakah engkau menjadikan pemahamanmu ini untuk ilmu fiqih. Dan itu lebih baik untukmu’.” (Manaqib karya Al-Baihaqi 1/97)
Sebab manapun yang menjadikan beliau
seperti itu, maka ini menunjukkan bahwa Imam asy-Syafii rahimahullah
setelah menghafal al-Qur’an melakukan perjalanan ke suku Hudzail di
pinggiran Makkah kemudian setelah menghafal syair-syair mereka dan
bahasa mereka, himmah beliau berubah kepada ilmu fiqih. Beliau berguru
kepada Mufti Makkah Muslim bin Khalid az-Zinji. Setelah mapan beliau
mengadakan perjalanannya yang pertama ke Madinah.
Beliau tekun dalam menuntut ilmu dan
menghafal al-Qur’an pada umur tujuh tahun, dan menghafal kitab
al-Muwatha’ karya Imam Malik pada umur sepuluh tahun. Beliau mulai
berfatwa pada umur lima belas tahun –ada yang berkata: delapan belas
tahun- dengan ijin dari guru beliau Muslim bin Khalid az-Zinji. Beliau
perhatian dengan syair dan bahasa. Beliau menghafal syair al-Hudzaliyyin
dan tinggal di antara mereka sekitar sepuluh tahun, dikatakan: dua
puluh tahun. Beliau mempelajari bahasa arab dan kefasihan dari mereka.
Beliau mendengar banyak hadits dari sekumpulan guru dan para imama.
Beliau membacakan al-Muwatha kepada Imam Malik dari hafalannya, sehingga
Imam Malik pun kagum atas bacaan dan himmahnya. Kemudian Imam
asy-Syafii mengambil ilmu dari ulama hijaz setelah beliau mengambil ilmu
dari Muslim bin Khalid az-Zinji. Beliau meriwayatkan dari banyak guru.
Beliau mempelajari al-Qur’an kepada Ismail bin Qusthanthin dari Syibl
dari Ibnu Katsir dari Mujahid dari Ibnu ‘Abbas dari Ubai bin Ka’b dari
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (al-Bidayah wa an-Nihayah
1/263)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar